Komunikasi Data

Hallo semua, selamat datang di postingan kedua kami, sebelumnya kita telah membahas tentang Model Komunikasi Data, dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan mengenai aspek-aspek fundamental dari fungsi komunikasi, yang memfokuskan pada transmisi sinyal yang andal dan efisien, jadi kita sebut saja "Komunikasi Data". Langsung saja tidak usah berlama-lama, mari kita menuju bahasan.

Komunikasi Data
 
Model Komunikasi Data Sederhana
  Dalam Gambar diatas menunjukkan suatu perspektif baru terhadap model komunikasi,  kita akan menelusuri secara detail gambar ini dengan menggunakan surat elektronik (electronic mail) sebagai contoh. 
  Anggap saja perangkat input dan transmitter merupakan komponen dari suatu PC. User PC bermaksud mengirim suatu pesan m ke user yang lain. User mengaktifkan program electronik mail di dalam PC dan memasukkan pesan melalui keyboard (perangkat input). String karakter secara singkat di tahan di dalam memori utama. Kita dapat melihatnya sebagai rangkaian bit (g) di dalam memori. PC di hubungkan dengan beberapa media transmisi, misalnya sebuah local network atau jaringan telepon, lewat suatu perangkat I/O (transmitter), dalam hal ini berupa local network transceiver atau modem. Data yang masuk ditransfer ke transmitter sebagai rangkaian dari perubahan tegangan [g (t)] yang menunjukkan bit-bit pada communication bus atau kabel. Transmitter dihubungkan secara langsung ke media dan merubah aliran yang masuk [g(t)] menjadi sinyal [s(t)] yang mampu untuk ditransmisikan, beberapa alternatifalternatif khusus nantinya akan digambarkan lagi di bab 5.
  Sinyal yang ditransmisikan s(t) yang diserahkan ke media menjadi subyek untuk sejumlah gangguan, yang didiskusikan di bab 3, sebelum mencapai receiver. Jadi, sinyal yang diterima r(t) dapat saja berbeda dari s(t). Receiver akan berupaya menganalisis keaslian s(t), didasarkan atas r(t) dan pengetahuannya atas media, dan menghasilkan rangkaian bit g’(t). Bit-bit ini dikirim ke komputer output, dimana bit-bit tersebut secara singkat ditahan di dalam memori sebagai (g’). Dalam beberapa kasus, sistem tujuan akan berupaya untuk memperingatkan bila terjadi error, dan untuk selanjutnyabekerja sama dengan sistem sumber sampai akhirnya mendapatkan data yang bebas dari error (error-free data). Datadata ini kemudian diberikan kepada user melalui suatu perngkat output, seperti printer atau layar. Pesan atau message (m’) sebagaimana yang dilihat oleh user biasanya merupakan salinan dari pesan aslinya (m).
  Sekarang bayangkan sebuah percakapan telepon. Dalam kasus ini, untuk telepon adalah pesan (m) dalam bentuk gelombang suara. Gelombang suara diubah oleh pesawat telepon menjadi sinyal-sinyal elektronik dari frekuensi yang sama. Sinyal-sinyal tersebut ditransmisikan tanpa modifikasi melalui jaringan telepon. Oleh sebab itu sinyal input g(t) dan sinyal-sinyal yang ditransmisikan s(t) menjadi identik. Sinyal s(t) akan mengalami beberapa distorsi pada media, sehingga sinyal r(t) tidak akan sama dengan s(t). Meskipun begitu, sinyal r(t) akan diubah kembali menjadi gelombang suara dengan tanpa upaya perbaikan atau peningkatan kualitas sinyal. Jadi m’ bukanlah replika dari m. Bagaimanapun juga, pesan suara umumnya lebih mudah dipahami pendengarnya.
  Sampai sejauh ini, pembahasan mengenai hal ini tidak akan menyentuh aspek-aspek kunci lainnya dari komunikasi data, seperti teknik-teknik kontrol jaringan data untuk mengontrol data link serta mendeteksi dan memperbaiki kesalahan, teknik-teknik multiplexing untuk efisiensi transmisi.
  Demikian yang bisa Kami bagikan kali ini, semoga bermanfaat, jika ada kritik dan saran tolong ketikkan di kolom komentar, terima kasih, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Source : Komunikasi Data dan Komputer Jilid VI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transmisi Synchronous dan Asynchronous

Jenis-Jenis Kesalahan dan Konfigurasi Saluran

Model Komunikasi